Friday, July 20, 2007

Rara unjuk gigi

Pertengahan Juli usia RaRa sudah 9 bulan. Perkembangan apa lagi ya…. Ternyata RaRa akhirnya mendapatkan gigi pertamanya. Really really cute cute cute. Sejak RaRa usia 7 bulan, ami penasaran kapan RaRa tumbuh giginya. Soalnya Lia, anak tetangga, sudah punya gigi usia 6 bulan. Setelah baca-baca dan tanya sana-sini, pertumbuhan gigi memang bervariasi sekali. Mulai 6 hingga 12 bulan. Tapi tetap aja penasaran. Apalagi setelah dokter Dyani bilang, makanan RaRa sejak 8 bulan harusnya sudah tidak diblender lagi. Sebab makanan yang lebih kasar akan menstimuli gerakan RaRa mengunyah dan merangsang pertumbuhan giginya.

Tapi teori tinggallah teori. Ternyata mengganti makanan RaRa ke yang lebih kasar, susahnya bukan main. Pada awal RaRa diberi makanan solid, memang tidak sulit. RaRa mau mencoba sesuatu yang baru. Tapi juga tidak bisa dibilang mudah. Karena RaRa suka seperti orang mual. Namun jarang yang sampai dimuntahkan. Porsinya juga tidak banyak karena biasanya kalau kebanyakan RaRa akan muntah. Di usia 7 bulan, RaRa mulai sulit makan. RaRa agak picky. Ia tidak mau makan ubi, jagung dan pisang. Tapi ia suka tahu. Awal-awalnya stres dan kesal banget kalau RaRa mulai GTM –gerakan tutup mulut. Apalagi setelah makanannya dibuat kasar, tidak mau masuk sama sekali. Makin hari, RaRa makin pintar menghalau makanan. Awalnya bisa ditipu-tipu. Misalnya sesudah sendok air putih, ami masukin sendok makanan. Lama-lama ia tahu trik itu dan menutup rapat mulutnya. Kalau ia diajak bercanda dan tertawa, ami masukin sendok makannya. Lama-lama ia bisa tertawa dengan mulut tertutup. Kadang-kadang sedikit dipaksa dan biasanya RaRa akan melengos. Terus nengok-nengok ke belakang dan tidak mau berhadapan sama ami karena ia tahu akan dijejali sendok makan.

Setelah kontemplasi dan baca-baca, akhirnya ami memutuskan tidak akan pernah memaksa RaRa makan dan tidak akan menipu-nipu lagi. Eating should be fun. Ukurannya adalah makanan masuk dengan sukarela dan tidak harus habis. Makan tidak harus bersih, justru RaRa perlu mengeksplor bentuk makanannya. Ami juga tidak strict lagi mengharuskan RaRa mam di high chair-nya. Tapi yang pasti makan harus ditempat. Tidak jalan-jalan keliling kompleks. Jadi RaRa mam pagi di high chair. Mam siang dia ruang main duduk di laundry bag dan mam sore di teras duduk di stroller.

Setelah dipikir-pikir, sulitnya RaRa mam mungkin karena giginya itu yang mau tumbuh. Juga karena ia harus beradaptasi dengan makanan kasar. Selanjutnya trik ami adalah membuat makanannya jadi dua, kasar dan lembut. Jadi RaRa bisa belajar pelan-pelan. Sekarang RaRa masih makan dengan cara campuran seperti itu. Semoga ia bisa segera ke fase berikutnya.

Kembali ke bentuk gigi RaRa. Ehm… sungguh cute. Awalnya adalah sebaris garis putih yang bergerigi. Eh muncul sebelahnya. Dan sekarang mulai memanjang. Ayo RaRa, tunjukin dong giginya!

Juli
20 Juli 2007

No comments: